3 Ide Top Kalau Mau Buka Kedai Kopi

Dengan adanya persaingan bisnis di bidang kopi yang kian ketat, terutama dengan sajian kopi yang sebenarnya hampir serupa dan itu-itu saja, tentu diperlukan beberapa langkah ‘beda’ agar bisnis kopi dapat berjalan lancar. Nah berikut ini ada 3 langkah strategis kalau kamu mau membuka usaha di bidang kopi, Top Lovers.

Eksplorasi Keunikan Kopi Indonesia

Kopi punya banyak varian rasa dan keunikan penyajian, seperti kopi ijo khas Tulungagung yang lembut, kopi joss khas Yogja yang bikin melek, atau kopi thalua khas Melayu yang pahit tapi nikmat. Kamu bisa coba dengan mengeksplorasi keunikan lain, seperti menyajikan proses penyeduhan kopi di depan penikmat kopi (pembeli/konsumen), menyajikannya dalam bentuk yang lebih artistik, hingga mengenalkan rasa terbaik dari kopi-kopi Indonesia. Seperti kita tahu kopi Indonesia memiliki karakter kuat, dan hal ini bisa kamu tonjolkan kalau kamu berniat membuka usaha kopi.

Jangan Lupa, Sajian Pelengkap!

Keunikan budaya ngopi Indonesia adalah adanya sajian pendamping kopi. Bisa dikatakan ini wajib untuk orang Indonesia. Sebut saja pisang goreng, kue kering, kacang-kacangan, sampai ubi rebus. Kalau kamu mau berusaha membuat kedai atau kafe, jangan sampai ini tak ada. Kalau bisa, kamu pun dapat memodifikasi makanan-makanan tersebut agar lebih hits dan memperbanyak variasinya.

Mobile Café? Why Not

Sudah populer di luar negeri, tapi belum di Indonesia. Kamu bisa berkeliling mencari lokasi-lokasi yang ramai seperti area perkantoran ataupun kampus.  Dari sisi pelayanan pun kamu bisa menyajikan kopi aneka rasa dengan layanan take away. Untuk memulai kamu bisa pilih mobil dengan kabin yang besar lalu memodikasi kabin tersebutmenjadi tempat meracik. Jangan lupa sediakan juga beberapa kursi untuk pembeli di depan ‘dapur kopi’ mu. Karena dibuat mobile kamu dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain sehingga konsumen jadi lebih luas.

Kamu bisa coba semua ide di atas kalau mau membuka kedai kopi. Atau kamu punya ide lain yang lebih oke, baik di bidang kopi maupun di bidang bisnis lainnya? Kalau begitu, realisasikan idemu di event start up terbesar Top Generation Challenge berhadiah total ratusan juta rupiah. Info lebih lengkap kunjungi langsung website https://www.topgeneration.id/. Wujudkan ide bisnismu bersama Top Coffee, Kopinya Orang Indonesia di Top Generation Challenge.