3 Fakta Tentang Industri Kopi Indonesia yang Kian Menggeliat

Top Lovers tentu sudah mengetahui, betapa industri kopi Indonesia saat ini sedang berkembang pesat. Contoh nyatanya, dengan mudah kita bisa temukan tempat-tempat ngopi, mulai dari yang premium hingga kaki lima. Barista-barista atau ahli racik kopi pun bermunculan, menawarkan kreativitas sekaligus kenikmatan dalam secangkir kopi. 

Belum lagi, festival-festival, workshop, seminar tentang kopi pun kerap diselenggarakan, membuat iklim industri kopi kian menggeliat. Mengapa hal ini bisa terjadi? Setidaknya ada tiga fakta yang mendukungnya. Yuk kita cek sama-sama Top Lovers.

Salah Satu Produsen Kopi Terbesar Dunia

Kopi merupakan komoditas ekspor unggulan Indonesia yang merupakan penghasil devisa terbesar keempat setelah kelapa sawit, karet dan kakao dengan nilai devisa lebih dari USD 1,4 Milyar dan menyerap lapangan kerja lebih dari 1,89 juta KK. Di tingkat dunia, Indonesia juga termasuk 10 besar penghasil kopi dan berkontribusi sebesar 8,9% untuk konsumsi kopi dunia.

Fakta ini mendorong banyak petani, pengusaha, dan orang-orang kreatif di bidang kopi untuk menghasilkan kopi berkualitas. Tidak hanya untuk konsumsi orang luar negeri tapi juga dalam negeri atau pasar domestik. Lahirnya spot-spot ngopi dengan para barista yang menjajakan kopi dari seluruh Indonesia adalah contohnya.

Ekonomi Indonesia yang Terus Membaik

3 Fakta Tentang Industri Kopi Indonesia yang Kian Menggeliat

Indonesia pernah mengalami krisis ekonomi dan moneter sekitar tahun 1998. Tapi kondisi itu semakin membaik hingga sekarang, tumbuh 5,02% dibandingkan tahun 1998 yang minus (-)13% dan 2008 yang berada di titik 4,15%. Pertumbuhan ekonomi ini membuat daya beli masyarakat meningkat dan memunculkan kelas baru: Kelas menengah yang selain memiliki daya beli tinggi juga beraspirasi positif dan kreatif. Mereka inilah konsumen sekaligus penggerak ekonomi kopi, di antara mereka banyak yang jadi aktivis kopi, pengusaha café, Q Grader, barista, hingga pengusaha kopi dan petani kreatif. Selain itu, jangan juga lupakan peran pemerintah yang mendukung iklim usaha kopi, dengan regulasi yang tepat sasaran serta bantuan lainnya.

Produk-produk Kopi Instan Berkualitas

Tradisi masyarakat Indonesia untuk menikmati kopi memang sudah mendarah daging. Top Lovers sendiri tentu merasakannya, di mana ngopi sudah jadi bagian dari hidup sehari-hari. Peluang ini mampu dibaca dengan baik oleh perusahaan-perusahaan kopi, seperti Top Coffee untuk menghasilkan produk-produk kopi terbaik yang kian menambah dekat antara kopi dengan penikmatnya. Dan yang paling penting, keberadaan produk-produk kopi ini ternyata berimbas pada tumbuhnya perekonomian masyarakat. Lahirnya pedangang kopi keliling, kopi seduh asongan, warung-warung kopi, adalah beberapa contoh sektor ekonomi yang tumbuh karena produk-produk kopi. 

Bagaimana Top Lovers, semakin tak bisa move on kan dari Kopi Indonesia?